Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

1/27/10

Blogger Update Template References

Sudahkah anda update template references blogger anda? Kemarin pagi saya login ke blogger dan ada pemberitahuan mengenai template blogger saya yang terhubung ke Google Page Creator, layanan dari Google yang dalam waktu dekat akan pindah ke Google Sites. Pesannya seperti ini: Update your templates - Your templates include links to files hosted on Google Page Creator, a service that is soon migrating to Google Sites. Do you want Blogger to update those links now?

Karena Blogger template Astaga!com Lifestyle saya menggunakan template dari o-om.com yang dihosting di Google Page Creator jadi secara otomatis template blog saya kalau tidak diupdate akan mengalami broken link. Yang terlintas dalam pikiran saya waktu itu, saya harus ganti template dan merubah semua widget yang ada di dalam Blog Astaga.com Lifestyle On The Net. Parahnya lagi saya harus membangun kembali link yang telah terhubung ke blog tersebut. Tetapi perkiraan saya ternyata meleset jauh. Karena Blogger Host App di http://bloggerhosting.appspot.com telah menyediakan hosting gratis untuk menyimpan data template yang sebelumnya menggunakan hosting Google Page Creator.



Bagaimana cara update template references blog jika template blog anda terhubung ke Google Page Creator. Petunjuk resminya bisa dibaca di Updating Google Page Creator files in your blog http://www.google.com/support/blogger/bin/answer.py?answer=165912 kalau secara singkatnya tinggal klik link Update and review pada peringatan Update your template di dashboard blogger account anda, setelah itu secara otomatis blogger akan mendeteksi template blog anda yang terhubung ke Google Page Creator. Dari sekitar 31 blog dengan sub domain Blogger atau Blogspot, yang terkoneksi ke Google Page Creator hanya terdapat 3, jadi update templatenya secara keseluruhan. Anda dapat menghilangkan pesan update your template (Dismiss) setelah proses Update selesai pada dashboard blogger account anda.






Setelah proses updating selesai, sebagian template blog anda yang tadinya dihosting di Google Page Creator akan dipindahkan di http://bloggerhosting.appspot.com. Jadi jika anda mengalami hal yang sama seperti saya, tidak perlu khawatir yang harus anda lakukan hanyalah melakukan update template references dan tidak perlu mengganti template blog anda secara keseluruhan, kalau tidak anda akan menyesuaikan terhadap template baru tersebut mulai dari awal lagi. Sedikit pengaruh yang dirasakan Blog Astaga.com Lifestyle On The Net terhadap Update Template References yaitu mengalami sedikit penurunan traffic, hal ini bisa dilihat dari Page Preview dan Page Visitnya kemarin ini mengalami penurunan yang lumayan tajam. Tapi tidak perlu khawatir setelah lewat sehari, trafficnya kelihatannya normal kembali.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

9 Comments:

Saung Web said...

Thanks banget sob.. saya juga ada tuh peringatanya.. update dulu ah

risma2006 said...

@Saung Web

Nah, berarti template blog Saung Web ada yang terhubung ke Google Page Creator. GPC kan udah mau diganti jadi Google Site, makanya perlu update Bos, oke deh sama-sama, untuk sekedar saling tukar pelajaran dan sharing aja.

Saung Web said...

Hai sob.. tadi ada, malah dari kemarin tuh. pas buka lagi mau update.. kok sekarang jadi gak ada .. gimana nih.. ?? tolong yah.. apa nanti muncul lagi ???

Link Tea said...

Mau konfirmasi sob.. blog ini dofollow gak?? sorry ff ku lagi ngadat jadi susah ceknya.. kalau Df nanti kita ngelink n saya masukin khusus di daftar blog Dofollow disini .. tolong konfirmasinya ya...

Dofollow Blog said...

Sudah sy add di daftar blog dofollow .. n dah saya follow juga..followback n linkback juga ya... yups .sukses deh dg kontesnya

risma2006 said...

Thanks Ya Saung Web, Dofollow Blog. Udah aku follow dan link di http://risma2006.blogspot.com/2009/09/link-exchange.html

Saung Web said...

Linknya dah saya add sob.. linkback juga ya..
ohya.. ttg update template ini gak muncul lahi tuh.. nape yah..

risma2006 said...

Ok thanks ya. Kalau masalah pesan update template gak muncul lagi berarti, template blog kamu tidak terhubung dengan Google Page Creator. Tapi kalau mau langsung ngecek, coba masuk ke http://bloggerhosting.appspot.com/ lalu update template references, kalau memang ada yang terhubung ke Google Page Creator secara otomatis akan terdeteksi.

yanuar said...

makasih utnuk informasinya...

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO