7/9/13

Koleksi Koin Emas dan Perak Indonesia

 Di Indonesia sudah banyak terdapat coin dealer atau penjual koin, kolektor koin, kolektor uang kertas, atau kolektor barang-barang kuno, uang kuno, kolektor koin kuno, ada juga yang mengkhususkan diri sebegai kolektor uang kertas, ada yang khusus kolektor koin kuno, kolektor koin mancanagera dan ada juga yang mengkoleksi semuanya baik uang kertas, koin, perangko dan barang-barang filateli lainnya. Orang yang hobi dan gemar mengumpulkan atau menkoleksi uang kuno dan sejenisnya disebut numismatist. Numismatik adalah bidang studi yang mempelajari tentang mata uang, seperti koin, uang kertas, token, dan alat-alat tukar lainya. Sedangkan Numismatist adalah seseorang yang mengoleksi dan atau mempelajari tentang ilmu numismatika (Uang kuno).

Belum lengkap rasanya jika seorang kolektor koin kuno Indonesia apabila belum memiliki salah satu koleksi koin khusus yang di buat atau yang dimiliki oleh negara kita sendiri. Seperti contohnya, Koleksi koin emas Gold Proof pecahan Rp. 100.000 Tahun 1974, Koin Perak pecahan 5000 Silver Proof dan 2000 Rupiah Silver Proof Tahun 1974. Koin khusus seri cagar alam 1987 pecahan 200.000 yang terbuat dari emas dan pecahan 10000 terbuat dari perak.


Koin proof sebenarnya dicetak terutama untuk kepentingan para kolektor, dan tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam peredaraan. Koin ini biasanya dicetak sekaligus untuk memperkenalkan suatu koin baru, atau dicetak untuk memperingati suatu kejadian. Koin-koin proof pada umumnya mempunyai permukaan yang bagus sekali, dalam istilah numismatik disebut “mirror like surface”.

Di sebuah website lelang eBay ada yang melelang koin emas pecahan Rp. 100.000 seri cagar alam 1974 dengan harga US $3000, di website lelang uang kuno Indonesia kintamoney.com koin tersebut pernah laku seharga Rp. 27 juta. Harga yang fastastis untuk sebuah koin. Sedangkan kalau dihitung berdasarkan haga emas, berat koin tersebut hanya 33 gram senilai kurang lebih 15 juta an. Tapi mengapa harga koin Gold Proof 100.000 Rupiah bisa mencapai 32 Juta-an, hal itu disebabkan oleh kelangkaan koin tersebut. di eBay saja paling hanya ada 1 atau kurang dari 3 yang menjualnya. Kalau saya tidak salah ada seorang penjual atau coin dealer dari China yang khusus menjual koin proof Indonesia. Tapi mengapa di eBay tidak ada seorang pun dari Indonesia yang menjual koin-koin kuno berharga tersebut.

Sepertinya boleh dicoba nih. Hanya saja memang kalau berjualan di eBay persyaratannya cukup selektif, banyak persyaratan yang harus dipenuhi salah satu syarat utama yaitu harus memiliki account PayPal yang sudah verified dan terkoneksi dengan Credit Card untuk dapat melakukan pembelian sebagai Buyer dan melakukan penjualan sebagai Seller.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

Be the first to comment

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO