9/26/09

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang - Aya batur nanya ka urang, Ari Pandeglang teh ayana dimana Cep? Cing teh matakna mang Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang, ngarah naon. Meh nyaho ari Pandeglang teh lebah mana. Aya naon wae di Pandeglang nu lebahna di provinsi Banten. Pandeglang adalah sebuah kota kabupaten di Provinsi Banten, Indonesia. Ibukotanya adalah Pandeglang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Serang di utara, Kabupaten Lebak di Timur, serta Samudra Indonesia di barat dan selatan. Wilayahnya juga mencakup Pulau Panaitan (di sebelah barat, dipisahkan dengan Selat Panaitan), serta sejumlah pulau-pulau kecil di Samudra Hindia, termasuk Pulau Deli dan Pulau Tinjil. Semenanjung Ujung Kulon merupakan ujung paling barat Pulau Jawa, dimana terdapat suaka margasatwa tempat perlindungan hewan badak bercula satu yang kini hampir punah. Suaka Margasatwa adalah kawasan suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman dan atau keunikan jenis satwa yang untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.

Kalau nggak ngerti dalam bahasa Indonesia seperti ini kira-kira :
Ada seseorang bertanya kepada saya, Pandeglang itu adanya di mana Cep? Kata bilang, makanya mang Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang, supaya apa. Supaya tahu Pandeglang itu berada di mana. Ada apa saja di Pandeglang yang letaknya di provinsi Banten.
Mengapa harus Pandeglang

Kabupaten Pandeglang terdiri atas 35 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Pandeglang, yang berada di bagian utara wilayah kabupaten, Pusat perekonomian Kabupaten pandeglang terletak di dua kota yakni Kota Pandeglang dan Labuan. Sebagian besar wilayah Kabupaten Pandeglang merupakan dataran rendah dan dataran bergelombang. Kawasan selatan terdapat rangkaian pegunungan. Sungai yang mengalir diantaranya Sungai Ciliman yang mengalir ke arah barat, dan Sungai Cibaliung yang mengalir ke arah selatan.

Panaitan, adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Laut Jawa, dekat Ujung Kulon. Antara Pulau Panaitan dan Pulau Jawa dibatasi oleh Selat Panaitan. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten. Bukit-bukit di Panaitan diselimuti oleh hutan dan berbagai macam hewan liar, seperti rusa, babi hutan, monyet, ular phyton dan burung-burung. Beberapa jenis buaya air tawar dan kadal raksasa juga bisa ditemui disini. Salah satu bukit tinggi dikenal sebagai Gunung Raksaa, dimana ditemui patung-patung Hindu purba di puncaknya.

Garis pantai Pulau Panaitan yang dihiasi dengan pantai pasir yang luas secara alami menciptakan beberapa lokasi wisata selam scuba untuk menikmati terumbu karang dan menciptakan gelombang ombak yang hebat untuk para peselancar. Salah satu tempat penyelaman yang terkenal di tempat ini adalah terumbu karang Batu Pitak dekat Legon Butun. Namun, karena kuatnya arus dan faktor-faktor alam lainnya, menyelam di sekitar Pulau Panaitan tidak direkomendasikan untuk penyelam pemula.

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang


Terdapat banyak sekali objek wisata di Pandeglang yang sangat menarik dan eksotik untuk dikunjungi, antara lain :

Wisata Bahari - Pantai Carita memiliki material dasar pasir putih agak kecoklatan dengan latar belakang pegunungan yang berhutan. Terletak di jalur jalan Labuan Cilegon. Aktivitas wisata yang dapat dilakukan adalah wisata bahari. Dikawasan pantai Carita dilengkapi dengan dua dermaga mini yang berfungsi sebagai pelabuhan untuk kapal pesiar yang akan mengunjungi kawasan Tanjung Lesung, Kawasan Sumur, Ciputih dan Taman Nasional Ujung Kulon. Ke arah timur di daerah perbukitan terdapat Hutan Wisata, yang didalamnya terdapat air terjun yang masih alami yaitu Curug Gendang.

Tanjung Lesung - Hijaunya alam dan angin di tepi pantai berpasir putih serta terdapat fasilitas hotel dengan gaya alami yang membuat kita merasa betah dan santai untuk melakukan berbagai atraksi olah raga pantai.

Pantai Bama - Merupakan suatu kawasan wisata yang sedang dipersiapkan untuk tujuan wisata bawah laut. Taman laut banyak terdapat disekitar pulau Popole dan Liwungan. Dengan berbagai macam satwa laut, ikan hias, terumbu karang yang cantik dan unik.

Pantai Ciputih - Kawasan Wisata di Kabupaten Pandeglang yang terletak di Ujung Barat Pulau Jawa ini banyak terdapat Pantai Indah berpasir putih seperti Pantai Legon, Pantai Sumur, Pantai Muara Baru Tanjungan, Pantai Dadap Langun, Pantai Keusik Panjang dan Pantai Ciputih serta pulau-pulau kecil yang memiliki keindahan dasar laut seperti Pulau Umang, Pulau Oar, Pulau Mangir dan Pulau Badur.

Pemandian Cikoromoy - Bagi anda yang suka berenang dapat mengunjungi Kolam Renang Alam Cikoromoy yang terletak di Kecamatan Cimanuk + 12 km dari Kota Pandeglang airnya jernih dilatarbelakangi pemandangan indahnya Gunung Karang.

Pemandian Air Panas Belerang Cisolong - Pemandian alam air panas dengan sumber mata air belerang dari Gunung Karang, yang terdapat di Kecamatan Kaduhejo 10 km dari Kota Pandeglang.

Pemandian Alam Citaman - Merupakan tempat pemandian alami di Kaki Gunung Pulosari. Pemandangan disekelilingnya sangat indah. Terletak di Kecamatan Jiput.

Gunung Krakatau -  Gunung Krakatau yang terletak di perairan selat Sunda merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di dunia, karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1883. Suara letusan terdengar sampai ke kawasan benua Australia, bahkan awan panasnya menyelimuti beberapa kawasan Eropa selama seminggu. Ledakan dahsyat gunung Krakatau kemudian membentuk anak gunung yang kini dikenal sebagai Anak Krakatau yang muncul ke permukaan pada tahun 1928 yang hingga kini masih tetap aktif. Berada di selat Sunda, kawasan wisata alam ini mudah dicapai dari pantai Anyer-Carita sekitar satu jam dengan menggunakan perahu motor. Lokasi wisata ini menawarkan wisata alam seperti misalnya berkemah, berjalan kaki, memancing, dan pemandangan alam laut yang indah.

Wisata Gunung Karang - Gunung Karang terletak di sebelah barat Pusat Kota Pandeglang yang memiliki keindahan alam pegunungan. Dan masih banyak lagi objek wisata lainnya. Lebih lengkap mengenai objek wisata di Pandeglang bisa lihat di Cintapandeglang.com.

Sumber sebagian dari Wikipedia dan Cintapandeglang.com


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

7 Comments:

Blog Anak IT said...

Untuk yang pertanyaan di 4dyxtm.blogspot.com tentang:: bagaimana caranya nampilkan label di atas posting seperti pada blog ini Browse > Home > LINK SAHABAT > Link Sahabat?>,,, itu namanya Menu Breadcrumbs, saya kuran tahu tentang begituan,, aku ngelihat di http://www.blogspottutorial.com/2008/12/how-to-make-in-blogger.html... atau di http://kolom-tutorial.blogspot.com/2008/12/cara-membuat-breadcrumb-navigation-di.html silahkan di coba...

admin 4dyxtm.blogspot.com :D

Clara said...

Makasih buat informasinya.
bisa jadi referensi liburan.
^_^

Tono said...

Hmmm.... patut dikunjungi nih

Budi U said...

Tks informasinya dan artikelnya senada dg sy punya web, ijin ngelink pak ? Kalo berkenan tukeran ya pak ? Tks.

udit said...

info yang bgus, terima kasih. bs dijadiin referensi untuk liburan

harly said...

Pemandangannya boleh juga tu..
makasih ya udah berbagi informasi..

acep said...

asik tuh kalo kita coba kesana,,thank for infonya

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO