11/25/09

Munculkan Iklan AdSense Pada Blog

Telah banyak artikel yang membahas tentang bagaimana caranya memunculkan iklan Google AdSense pada blog yang berbahasa Indonesia dengan berbagai tips dan trik yang diberikan oleh blogger yang telah lama malang melintang di dunia Adsense dengan harapan bisa meningkatkan pendapatan mereka karena iklan AdSense tampil di blog mereka. Ya, gak ada salahnya sih mencoba, tapi jangan sampai hal ini malah dapat merugikan anda.

Dimulai dari trik yang menambahkan sedikit modifikasi pada kode AdSense mereka seperti merubah kode bahasa pada AdSense "google_language=“en” yang sebenarnya hal ini sangat bertentangan sekali dengan Term Of Service Google AdSense. Sampai pada trik yang menggunakan cara menampilkan AdSense dengan memberikan option Show non-Google_ads_from_another_URL yaitu dengan menambahkan alamat URL dimana kode AdSense telah dijadikan file berekstensi html dan telah diupload yang menurut saya cara ini pun tetap saja merubah dan termasuk memodifikasi kode AdSense.

Lain halnya kalau setelah kode adSense tersebut dijadikan file html dan lalu membuat lagi kode AdSense baru dengan memberikan option Show_non-Google_ads_from_another_URL dengan memberikan alamat URL file html AdSense yang telah diupload di website, maka hal ini tidak melanggar TOS. Karena di dalam kode AdSense yang baru tersebut tidak akan nampak alamat URL file html AdSense yang telah diupload pada website. Cara ini saya lakukan dengan langkah sebagai berikut:
  1. Copy kode AdSense lama anda, buat file notepad lalu paste. Setelah itu save dengan ekstensi html, contoh Ads-300X250.html.
  2. Upload file notepad Ads-300X250.html pada website anda dan catat alamat URL file tersebut. Contoh http://domainanda.com/Ads-300X250.html.
  3. Login pada AdSense Account lalu Get Ads, pilih AdSense for content atau yang lainnya lalu tentukan ukurannya sesuai format file html anda. Contoh AdSense yang akan dibuat berukuran 300X250 Medium Rectangle, lihat Google AdSense Ad Formats.
  4. Modifikasi hanya dilakukan pada langkah Option Show non-Google ads from another URL dengan memberikan alamat URL file html tadi, contoh http://domainanda.com/Ads-300X250.html.
  5. Setelah dapat kodenya lalu copy paste kode AdSense baru tersebut pada blog anda.
Pada tampilan kode AdSense baru tersebut tidak akan tampil embel-embel lain seperti tambahan alamat URL file html iklan anda, karena modifikasi telah dilakukan sesuai option yang terdapat di dalam AdSense Account dan bukan di luar dari pada itu. Sehingga hal ini tidak dianggap ilegal atau melanggar AdSense TOS. Sebagai catatan, supaya iklan AdSense anda bisa tampil maka anda harus upload file notepad iklan anda pada website atau domain US atau pada domain menggunakan bahasa Inggris. Jika anda tidak mempunyai domain tersebut, gunakan saja subdomain yang gratisan.

Ok semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

Be the first to comment

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO