11/26/09

Selamat Idul Adha 1430 H

Pada tanggal 27 Desember 2009 seluruh umat muslim di dunia akan merayakan Idul Adha 1430 H. Sesuai peraturan pemerintah Indonesia hari raya Idul Adha 1430 H dilaksanakan pada tanggal 27 November 2009. Namun di beberapa daerah seperti di sebuah daerah di kota Padang sebagian umat muslim di sana telah melaksanakan Shalat Id pada hari ini tanggal 26 November 2009. Perlu diingat bahwa perbedaan hari dalam melaksanakan ibadah pada hari raya jangan sampai merubah keyakinan kita dan membuat renggang tali persaudaraan. Justru dengan adanya perbedaan itu menuntut kita untuk saling menghargai.

Marilah kita ambil makna dari Idul Adha 1430 H ini. Dalam Surat Ash Shaaffaat ayat 107 dinyatakan "Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar". Sesudah nyata kesabaran dan ketaatan Ibrahim dan Ismail A.S. maka Allah melarang menyembelih Ismail dan untuk meneruskan korban, Allah menggantinya dengan seekor sembelihan (kambing). Peristiwa ini menjadi dasar disyariatkannya Qurban yang dilakukan pada hari Raya Haji.


Mengucapkan Selamat Idul Adha 1430 H

Sementara itu satu hari menjelang perayaan Idul Adha, harga hewan qurban di pasaran melambung tinggi karena biasanya sehari menjelang lebaran Idul Adha banyak sekali permintaan hewan kurban dari calon pembeli kilah seorang penjual kambing di kawasan jalan Peneleh Surabaya.

Pada hari yang sama seluruh umat muslim disunnahkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Satu hari puasa yang dilaksanakan menjelang Idul Adha ganjarannya sama dengan tiga puluh hari pada ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.



Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

1 Comment:

Risma2006 said...

Selamat Idul Adha 1430 H, semoga rekan blogger semua mendapatkan berkah dan limpahan nikmat dari Tuhan YME.

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO