11/27/09

Site Description pada Search Result

Mungkin anda pernah menemukan sebuah perbedaan Site Description pada Search Result. Yaitu perbedaan yang mencolok antara site description yang pernah anda berikan untuk website anda dengan site description hasil pencarian website pada datacenter Google. Seperti yang pernah saya temukan pada site description sebuah halaman pada Blog RISMA2006 INSIDE dengan title Mengembalikan Jati Diri Bangsa.

Padahal sebelumnya saya memberikan title dan site description pada blog tersebut bukan seperti title dan site description pada hasil pencarian yang diberikan Google. Site Description yang pernah saya berikan sebelumnya adalah sebagai berikut:



Title : Mengembalikan Jati Diri Bangsa | RISMA2006 INSIDE.
Description : Mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia seutuhnya berdasarkan PANCASILA dan UUD 1945 dimulai dari jati diri kita dan bangsa.

Dan sebelumnya memang pernah terindeks pada search result Google seperti itu. Tapi akhir-akhir ini terlihat perbedaan yang mencolok, Title dan Site Description pada search result Google.co.id seperti berikut ini :



Mengembalikan Jati Diri Bangsa - RISMA2006 INSIDE
9 Sep 2009 ... Setelah membaca kembali akhir kalimat dari artikel http://jurnalpublik.beritajitu.com tentang Kontes SEO Mengembalikan Jati Diri Bangsa ...
risma2006.blogspot.com/.../mengembalikan-jati-diri-bangsa.html - Tembolok

Nah, kenapa hal ini bisa terjadi? Untuk mencari jawabannya saya coba browsing di Forum Webmaster Help Google dan saya cari permasalahan yang membahas hal ini. Alhasil ada sebuah forum yang membahas permasalahan serupa. Dan ternyata yang menyebabkan hal ini konon karena website tersebut terideks pula oleh mesin pencari DMOZ, yang biasanya memberikan site description dengan mengutip isi halaman pada paragrap pertama dan mengandung kata kunci yang dimaksud. Dan memang benar setelah saya lihat kembali isi artikel dengan judul Mengembalikan Jati Diri Bangsa pada paragrap pertama tertulis seperti di atas yaitu "... Setelah membaca kembali akhir kalimat dari artikel http://jurnalpublik.beritajitu.com tentang Kontes SEO Mengembalikan Jati Diri Bangsa ..."

Menurut salah seorang Top Contributor Webmaster Help Bionic Poster, Phil Payne untuk mengatasi hal ini pada blog dengan menambahkan meta name "noodp" sebagai berikut:
  1. Login ke akun www.blogger.com
  2. Masuk ke Layout pada Edit HTML, masukan meta tag <meta name="robots" content="noodp" /> di antara tag <head> dan </head>.
  3. Lalu Save
Lihat perubahan yang terjadi pada search result di kemudian hari. Moga aja bisa menyelesaikan permasalahan site description pada hasil pencarian blog anda, seperti yang terjadi pada blog saya.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

Be the first to comment

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO