12/10/09

Antara Sitemap dan Daftar Isi

Sebetulnya apakah Sitemap dan apakah Daftar Isi? Kalau Daftar Isi pada blog biasanya memberikan uraian tentang keseluruhan isi artikel yang terdapat dalam sebuah Blog untuk memudahkan pencarian dan biasanya dibuat secara manual dengan judul artikel Daftar Isi atau sejenisnya (Bisa juga diberi judul Sitemap yang akan berekstensi daftar-isi.html atau Sitemap.html) yang nantinya akan menjadi sebuah file dengan ekstensi HTML pada blog seperti Daftar Isi atau Sitemap pada blog RISMA2006 INSIDE.

Lain halnya dengan Sitemap yang ada dalam Webmaster Tools. Sitemap dirancang Untuk memudahkan mesin pencari khususnya Google dalam hal indexing and crawling pada blog atau website. Sitemap tidak diberikan secara otomatis, maka dari itu kita perlu membuat atau Submit Sitemap secara manual. Cara yang efektif dapat dilakukan dengan cara Submit a Sitemap pada Google Webmaster Tools. Pada Dashboard - Site Configuration - Sitemaps lalu Submit A Sitemap dengan menambahkan atom.xml atau rss.xml.


  1. Login ke Webmaster Tools
  2. Pada Dashboard klik Site Configuration - Sitemaps
  3. Submit a Sitemap
  4. Masukan atom.xml atau rss.xml
  5. Lalu Submit Sitemap
  6. Tunggu beberapa saat untuk website anda terindeks
Sebelum anda dapat menambahkan Sitemap atau Submit a Sitemap. Anda perlu untuk verifikasi website atau blog anda pada Webmaster Tools dengan cara Add a Site setelah itu Verify this site dengan cara yang paling mudah dengan memilih meta tag verification method yaitu dengan menambahkan kode verifikasi meta tag pada edit HTML blog di antara tag <head> dan </head>.
Untuk membuat Sitemap seperti pada blog RISMA2006 INSIDE anda tinggal ikuti saja langkah berikut ini (Khusus Pemula BOS):
  1. Login ke akun blogger anda www.blogger.com
  2. Creat New Post, beri Judul Sitemap
  3.  Isikan kode berikut ini setelah terlebih dahulu mengganti nama blog anda :
  4. <script style="text/javascript" src="http://hilal.web.id/blogtoc-min.js"></script>
    <script src="http://risma2006.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
  5. Don't Allow Reader Comment pada Post Option
  6. Selesai lalu Publish



Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

3 Comments:

Khai said...

Tips yang manis Ris. sesungguhnya saya masih OON dalam hal mesin Blogspot. Karena ketidak tahuan tersebut hingga saat ini blog saya di BS yang sudah berumur hampir 2 tahun itu tidak juga diberi sitemp.
Thanks Ris atas tutorial yang dahsyat ini. Salam Hangat, Khay

Risma2006 said...

Ya sama aja Khai, sesungguhnya diriku kurang begitu lihai di mesin WP seperti kelihaian Kai. Tapi tips di atas hanyalah untuk Blogger Pemula seperti diriku. Jangan membelai WP terus sedangkan BP jablay. Salam mesra Balik buat Blogger Khai

Festival Museum Nusantara said...

Festival museum nusantara bisa anda kunjungi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebuah miniatur dari aneka ragam budaya nusantara yang mewakili seluruh daerah di indonesia. Merupakan museum terlengkap seluruh indonesia. Selain menampilkan budaya khas dari seluruh pelosok indonesia, TMII juga mempunyai museum yang sangat beragam seperti :D

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO