2/14/10

Kebutuhan Layanan Data Internet

Dewasa ini akses layanan data internet bukan lagi suatu hal yang baru dan tidak lagi sulit untuk didapatkan. Hampir semua orang bisa dengan mudah menikmati layanan data internet, terlebih layanan yang kini cukup diminati masyarakat seperti jejaring sosial atau social network semacam facebook, twitter atau layanan instan messenger seperti Yahoo Chat, MSN, e-buddy dan lain lain. Akibat adanya desakan dari animo masyarakat yang cukup tinggi akan kebutuhan layanan data internet, akhirnya berbagai operator telekomunikasi melakukan kerja sama melalui vendor phone cell dengan menerapkan sistem bundling untuk mengeluarkan produk phone cell yang telah dilengkapi dengan fitur layanan data internet dan dengan harga yang relatif murah serta terjangkau oleh masyarakat.

Berbagai vendor handphone berlomba-lomba mengeluarkan produk andalannya, simak saja iklannya di koran-koran dan tabloid Handphone. Phone cell atau telephone selular yang paling banyak diminati masyarakat dewasa ini adalah HP QWERTY keluaran lokal dan China. Selain harganya relatif murah dan terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah, HP tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur dan akses layanan data internet berdasarkan volume base dan duration base. Layanan akses data internet pada handphone seperti facebook, e-buddy, twitter, yahoo messenger, browser opera mini dan lain lain. Tinggal setting GPRS sedikit sudah bisa facebookan dan chating chatingan, asik kan.

Facebook Paling Diminati

Dari sekian banyak jejaring sosial atau Social Network, facebook paling diminati dan disukai oleh masyarakat kini. Khususnya kalangan remaja dan bahkan kalangan dewasa usia 40 tahun ke atas pun tidak mau ketinggalan, mereka juga ingin tahu facebook, mereka juga suka chating chatingan.

Satu hal yang perlu diwaspadai dengan adanya kemudahan mengakses layanan data internet tersebut bahkan hanya dari sebuah phone cell atau phone mobile, yaitu masyarakat dari berbagai kalangan bisa dengan mudah mengakses berbagai aplikasi yang ada di internet seperti facebook sehingga tidak terdapat batasan yang menghalangi untuk menikmati kemudahan layanan data internet lainnya. Tanpa disadari facebook sangat popular dikalangan remaja, bahkan untuk remaja seusia sekolah menengah pertama sekalipun. Terkesan tidak ada batasan usia bagi facebooker (pengguna akun facebook) sehingga hanya seorang remaja umur sekolah menengah pertama bisa memiliki akun facebook.

Entah mereka melakukan manipulasi pada tanggal lahir mereka atau bagaimana saya tidak tahu yang jelas kebanyakan dari mereka telah memiliki akun facebook. Padahal batasan usia untuk pemilik akun facebook (facebook account) yang diperbolehkan adalah jika mereka telah berusia 18 tahun atau lebih. Selain itu diluar tanggung jawab pihak Facebook. Facebook akan menganggap bahwa pengguna akun facebook telah berusia 18 tahun atau lebih, karena pada saat melakukan pendaftaran di facebook anda tidak bisa melakukan setting tanggal lahir yang mengindikasikan bahwa anda berusia di bawah 18 tahun. Dan ini pernah saya buktikan sendiri.

Bukan hanya pada akun facebook aturan ini berlaku pada akun social networks lainnya. Hal ini sangatlah perlu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak termasuk pemerintah, pengertian masyarakat akan bahaya dari penyalah gunaan internet masih lemah. Sudah banyak contoh kasus yang telah terjadi, kasus terakhir yang menimpa seorang gadis remaja pengguna facebook ternyata masih berusia 14 tahun. Dia sebenarnya belum diperbolehkan untuk menggunakan akun facebook karena belum berusia 18 tahun. Lihat Term of Service Facebook. Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban untuk mengawasi apa yang dilakukan oleh anaknya terutama dalah hal akses data internet.

Aplikasi facebook bisa dengan leluasa diakses baik melalui browser yang ada di komputer atau yang terdapat pada browser handphone. Bahkan aplikasi facebook sendiri tersedia untuk phone mobile dan dengan mudah bisa didapat dengan cara download aplikasi bookmark facebook untuk phone mobile pada browser handphone. Sudahkah anda menyadari akan bahaya penyalah gunaan internet? Let's save our children.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

Be the first to comment

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO