5/8/10

Website Hasil Penelusuran Google.com dan Google.co.id

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai hasil penelusuran Google.co.id dengan Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace sebagai kata kunci yang saya gunakan. Kali ini saya akan berusaha menjelaskan tentang bagaimana caranya supaya website atau blog yang berasal dari Indonesia dengan menggunakan setting language bahasa Indonesia bisa muncul pada hasil penelusuran Google.com.

Bagaimana supaya website kita muncul pada hasil penelusuran (Search Result) Google.com dan bukan hanya pada hasil penelusuran Google.co.id? Sebuah pertanyaan yang bagus sekali. Pada dasarnya website referensi hasil penelusuran pada Google.com atau Google.co.id tidak jauh berbeda, tergantung dimana area anda melakukan pencarian website pada saat itu. Apakah anda berada di Indonesia atau di luar Indonesia seperti di United States, Australia atau dimana saja. Hasil penelusuran Google.com akan memberikan referensi yang berbeda berdasarkan geographic target dan negara tempat tinggal anda. (Lihat cara untuk menentukan geographic target pada Google Webmaster Tools). Ini berdasarkan analisa saya, dan analisa ini tidak ada hubungannya dengan Google atau pihak lain manapun he he.

Website hasil penelusuran pada Google.com yang dilakukan di Indonesia biasanya didominasi oleh website atau blog yang berasal dari luar Indonesia dan biasanya content dalam website atau blog hasil penelusuran Google.com tersebut umumnya menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan website atau blog yang muncul pada hasil penelusuran Google.co.id kebanyakan berasal dari Indonesia dan isi artikelnya menggunakan bahasa Indonesia.

Terdapat banyak faktor yang mungkin bisa mempengaruhi supaya website atau blog anda muncul pada hasil penelusuran Google.com. Seperti misalnya apabila setting language dan konten pada website menggunakan bahasa Inggris, maka hal ini dapat membantu agar website anda muncul pada hasil penelusuran Google.com. Selain itu anda dapat menentukan target area (geographic target) website anda, tentukan negara pilihan dimana anda ingin website anda dibaca banyak orang. Hal ini bisa dilakukan pada Google Webmaster Tools. Dan apabila website anda muncul pada hasil penelusuran Google.co.id maka akan terdapat opsi Terjemahkan Laman ini. Mengapa seperti itu, karena Google.co.id akan menganggap website tersebut menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia.

Begitupun sebaliknya, jika website anda menggunakan setting language dan memiliki konten bahasa Indonesia, maka kalau terindeks dan muncul pada hasil penelusuran Google.com akan terdapat pilihan Translate This Page. Dan hal ini dikarenakan Google.com atau Google English menganggap artikel website tersebut menggunakan bahasa selain bahasa Inggris.

Website yang telah terindeks dan muncul pada hasil penelusuran Google.co.id, akan terindeks pula pada hasil penelusuran Google.com, hanya saja peringkatnya belum tentu sama. Sebagai contoh saya membandingkan hasil penelusuran website Risma2006 Blog pada Google.co.id dengan kata kunci Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace dan hasilnya berada pada peringkat 5 halaman pertama hasil penelusuran. Sedangkan penelusuran pada Google.com dengan kata kunci yang sama, menunjukan hasil penelusuran yang berbeda.

How come? Bagaimana bisa seperti itu ya? Mungkin karena setting language pada Risma2006 Blog menggunakan bahasa Indonesia dan juga isi artikelnya kebanyakan berbahasa Indonesia, sehingga dalam perkiraan saya Google akan lebih mengutamakan Risma2006 Blog untuk tampil pada hasil penelusuran Google.co.id. Coba anda bandingkan hasil penelusuran website anda antara Google.com dan Google.co.id dan lihat hasil penelusuran yang ditampilkan serta analisa perbedaannya seperti apa.

An Analysis Report of a Website Search Result on Google.com and Google.co.id

Website's Name: Risma2006 Blog
URL: http://risma2006.blogspot.com
Language: English
Content: Indonesia, English
Geographic Target: Indonesia
Keyword: Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace
Browser: Mozilla Firefox Versi 3.6.3
Results: First Page on Google.co.id rank #5, Unlisted on Google.com


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

11 Comments:

IHSAN said...

geografik targetting atau target wilayah di google webmaster toolnya sudah disetting ke USA?

klo di atas itu masih Indonesia :D

NegeriAds.com Solusi Berpromosi said...

geo target memang penting,tapi tak menutup kmungkinan blog bertarget indonesia bisa mendapat posisi bagus di google.com
kalau menurut analisis saya,faktor penentunya masih backlink.jika ingin eksis di google.co.id ya cari backlink dari blog berbahasa indonesia,begitu juga sebaliknya. .

Risma2006 said...

@NegeriAds.com Solusi Berpromosi
Yup, saya juga sependapat dengan anda. Mantaf kontesnya lanjutkan dan geber terus sampai di posisi satu.

Uluwatu villa said...

wah ternyata berbeda hasil penelusuran di google.co.id dengan google.com. dl saya kira sama..thx

data hardisk said...

aku selalu pake yang .co.id

Dicka-berbagi said...

kalau masalah saya di google.co.id hasil penelusaran dengan pilihan web dan halaman dari indonesia berbeda, kenapa tuh gan?

Risma2006 said...

@Dicka

Kalau anda melakukan pencarian web dengan google.co.id sedangkan anda berada di indonesia, maka google akan memberikan referensi web yang relevan sesuai keyword anda. Kalau anda mencari halanam dari Indonesia meski anda di Australia misalnya maka google hanya akan memberikan referensi web/halaman yang berasal dari indonesia saja. Karena google kan tidak hanya berada di kita karena itu untuk seluruh dunia

grand77bet.com said...

Nih web kita, susah banget terindex title barunya dan hanya muncul title lama yaitu just another wordpress sekaligus muncul terjemahkan halaman ini.

admin risma mohon bantuanya menganalisa dan solusinya

Pabrik Tas said...

selain target geografik dan sumber backlink ada kah hal-hal yang lain yang mempengaruhi, soalnya bos saya pengen hasilnya sama bagus, sedangkan selama ini website yang saya jalankan selalu lebih bagus di google.co.id jika di bandingkan dengan goolge.com

Haris Budiman said...

@Pabrik Tas, Backlink yang berasal dari website lokal bisa berpengaruh terhadap hasil pencarian Google.co.id sedangkan Backlink dari website internasional dapat berpengaruh terhadap hasil pencarian di Google.com

Toko Batik Online said...

terimakasih banyak atas ilmunya :D

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO