4/12/12

Konsekuensi Google AdSense Support Bahasa Indonesia

Konsekuensi terhadap Google AdSense Support Bahasa Indonesia tidak lain adalah Syarat dan Ketentuan Standar Google AdSense Online harus dipahami dengan benar oleh pemilik website berbahasa Indonesia yang berpartisipasi dalam program Google Adsense. Di dalam Syarat dan Ketentuan Standar Google AdSense Online tertulis di awal halaman pertama menyebutkan bahwa:

BACA DENGAN CERMAT SYARAT DAN KETENTUAN SERTA BAGIAN TANYA JAWAB BERIKUT SEBELUM MENDAFTAR KE PROGRAM GOOGLE ADSENSE ONLINE.PARTISIPASI DALAM PROGRAM GOOGLE ADSENSE ONLINE MENUNJUKKAN BAHWA ANDA MENYETUJUI SYARAT DAN KETENTUAN INI.JIKA ANDA TIDAK MENYETUJUI SYARAT DAN KETENTUAN INI, JANGAN MENDAFTAR ATAU BERPARTISIPASI DALAM PROGRAM GOOGLE ADSENSE ONLINE atau baca di https://www.google.com/adsense/localized-terms

Karena Google senantiasa dan selalu update terhadap produk-produknya maka sebagai Publisher AdSense atau pemilik Google Account mau tidak mau harus setuju terhadap syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan apabila tidak sebaiknya anda berhenti saja memiliki atau menggunakan Akun Google. Tetapi sampai saat ini saya masih memiliki Akun Google dan masih ingin menggunakannya. Sampai saat ini saya masih menggunakan produk-produk Google seperti Gmail, Blogger, dan terutama AdSense.

Saya ada pengalaman yang ingin saya ceritakan pada posting kali ini. Pada tanggal 3 April 2012 lalu seperti biasa cek email masuk eh ternyata ada email dari Google AdSense Team dengan Subject Google AdSense ad serving has been disabled to your site. Astaga! apakah gerangan yang telah terjadi?

Di dalam surat tersebut menuliskan "During a recent review of your account we found that you are currently displaying Google ads in a manner that is not compliant with our program policies" yang artinya kurang lebih seperti ini "Selama tinjauan terakhir pada account Anda kami menemukan bahwa Anda sedang menampilkan iklan Google dengan cara yang tidak sesuai dengan kebijakan program kami" serta memberikan sebuah contoh site URL yang melanggar aturan tersebut. Pelanggaran yang ditemukan adalah pelanggaran terhadap material yang dilindungi hak cipta. Google AdSense Team menyebutkan "Sebagaimana tercantum dalam kebijakan program kami, penayang AdSense tidak diizinkan menempatkan iklan Google di situs yang terlibat dalam distribusi materi berhak cipta. Ini termasuk hosting file yang berhak cipta pada situs Anda, serta menyediakan tautan untuk atau mengarahkan lalu lintas (Traffic) ke situs yang berisi materi berhak cipta. Informasi lebih lanjut tentang ini kebijakan dapat ditemukan di pusat bantuan kami.

Setelah saya cek contoh site URL yang melanggar tersebut, ternyata berisi tentang Ebook Bisnis Tiket Pesawat yang saya buat sendiri. Tetapi memang isi dari ebook tersebut terdapat link atau tautan yang mengarah kepada traffic blog tertentu. Lebih fatal lagi saya menyediakan tautan download terhadap ebook tersebut. Bahan atau materi ebook tersebut memang saya ambil dari website Bisnis Tiket Pesawat dan sebagian sudah saya tambahi sedikit. Ini sudah dikatakan melanggar hak cipta oleh Google apalagi Copy Paste bisa lebih gawat lagi.

ACTION TAKEN: We have disabled ad serving to your site. Sebagai konsekuensinya selama kurang lebih 8 hari iklan AdSense tidak dapat tayang dalam blog ini. Namun setelah memperbaiki kesalahan tersebut dan update blog secara keseluruhan hari itu juga saya ajukan surat keberatan. Meskipun Google akan mempertimbangkan komentar keberatan saya, tetapi tidak ada jaminan penayangan iklan akan diaktifkan kembali.

Setelah saya tunggu dan terus update akhirnya pada hari ini iklan AdSense dapat tayang kembali pada blog ini. Terima Kasih Google Adsense Team. Kami akan senantiasa update tentang syarat dan ketentuan Google AdSense Online serta Kebijakan Program AdSense yang telah diberikan ini.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

18 Comments:

Fattah said...

Wah, semangat sekali dalam berpartner dengan google Adsense, biasanya sih orang-orang yang udah dibaned akunnya gak bakalan ngirimin surat keberatan.. ternyata mbaknya ini bersemangat dan tetap junjung orisinalitas konten. :D.

Risma2006 said...

@Fattah Tetap semangat Bro

MuhaiminAbd said...

Selamat.... Saya pernah juga kena banned dari google adsense dan setelah itu, iklan langsung saya copot. Pedahal seharusnya diperbaiki. Btw... ekstensi blogspot bisa dipakai mendaftar Google AdSense yah?

Risma2006 said...

@MuhaiminAbd

Ya Google Adsense Team tak akan pilih-pilih kalau memang melanggar aturan apa boleh buat, tapi memang itu sudah kebijakan mas.

Tentu saja bisa mas, malah Blogspot lebih cepat di approve itu dulu sih. Tapi kalau sekarang kayaknya tidak ada jaminan. Yang penting website yang sesuai syarat dan ketentuan. Setelah website didaftarkan setelah itu di review oleh Team Adsense, kalau memang memenuhi syarat ya APPROVED

iwan said...

wah..gimana cara nulis keberatannya

Miftakh said...

Terima kasih telah berbagi.
Pengalaman temen - temen yang punya blog berisi content games {free download games}, itu baru dibanned setelah 3-6 bulan berjalan.

Mau tanya juga, kalau akun GA belum full approved bagaimana..?
Kan bellum lama ini, saya daftar lewat Bukisa[dot]com, terus sudah "Welcome to Google Adsense", sudah bisa login tapi di dalamnya ada tulisan merah "Your AdSense for content application is still under review. You will only see blank ads until your account has been fully approved or disapproved."

Ada tips agar benar2 diterima ..?

Risma2006 said...

@Miftakh ... berarti masih dlm proses persetujuan dan masih direview mengingat Google sangat memperhatikan site content atau isi artikel untuk menampilkan iklan yang relevan dalam site anda. Thanks for visiting ...

AWS Data said...

sabar aja saya pun blm disetujui sama google adsense : lihat aja di http://www.gelimaonline.tk

Risma2006 said...

@AWS Data

Yap betul itu, kalau daftar Adsense itu memang diperlukan kesabaran dan yang terpenting adalah isi artikel dalam site anda. Jualan apa Bos?

yoga darma said...

saya hanya mendapat iklan kosong dari GA, selanjutnya terima email bahwa account saya di disapproved oleh google.... gmana lagi nih caranya agar di approved
,..,?

Blogger Nusantara said...

yang disable akun ato hanya iklannya yg gak muncul?

Chrislee Kevin said...

THX brooo...

Muhammad Agus Ismail said...

Memang musti ati2 kalo terjun di google adsense, kita anggap ini bisnis yg sebenar2nya sehingga kita juga menjalankan dengan serius juga, tidak main2 dan selalu ngikuti aturan yg udah dibuat sama BOSS-nya.. salut sama semangatnya, sukses!!

all you want

Info Terbaru said...

pengen ikutan Maen GA tapi belom bisa Boss :(

Ricanadfunds said...

Saya sudah berkali-berkali mencoba mendaftar di google adsense tetapi selalu direjek oleh google...!! saya jadi malas maen adsense mas, kira-kira apa sih kriteria utama sebuah blog bisa disebut memenuhi syarat masuk member adsense..
Ricanadfunds

cyberthief said...

Kunjungan malam Menarik infony klo melayangkn keberatan caranua gimna ya ? Monggo mmpir di blog sy maturnuwun

pras said...

Oh.. jadi blog yang ingin di daftarkan di adsense tidak boleh ada konten berhak cipta ya..

Luthfi Tri Atmaja said...

5x di tolak g00gle ads.. hehe

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO