12/5/12

Hari Armada RI 5 Desember

foto : TNI AL
Dalam rangka Hari Armada RI Tahun 2012 yang diperingati setiap tanggal 5 Desember, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menyelenggarakan serangkaian kegiatan berupa Gerak Jalan Sehat, Lomba Memasak Nasi Goreng (Rekor Muri tercatat 1.700 peserta), Sembako murah (Bazar Murah) bekerja sama dengan Bank Mandiri, Lomba Menggambar dan Mewarnai, Fun Bike Hari Armada 2012 dan Naval Base Open Day yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2012 serta kegiatan bhakti sosial bersih-bersih Kalimas, Donor darah dan berbagai acara lainnya.

Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2012 digelar di Lapangan Upacara Dermaga Madura Ujung Surabaya DBAL atau Daerah Basis Angkatan Laut. Upacara Parade dan Defile kali ini melibatkan 2.400 pasukan upacara yang terdiri dari prajurit TNI AL dan PNS TNI AL wilayah Surabaya. Bertindak selaku Inspektur Upacara Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. dengan tema “Kobarkan Semangat Kepahlawanan Guna Memantapkan Profesionalisme dalam Rangka Mewujudkan TNI AL yang Handal dan Disegani”.


Setelah selesai melaksanakan Parade dilanjutkan dengan defile namun sebelumnya hadirin dan tamu undangan pada upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2012 ini berkenan menyaksikan tarian kolosal Pendaratan Pasukan-M yang diperankan oleh segenap prajurit Koarmatim. Tarian kolosal ini mengisahkan perjuangan Pasukan-M yang dipimpin oleh Markadi saat itu dengan tujuan membentuk pangkalan TKR Laut di Bali.

Upacara Peringatan Hari Armada RI merupakan momentum untuk mengenang dan menghargai jasa para pendahulu dalam mempertahankan nilai-nilai heroik dengan semangat pengabdiannya yang tanpa pamrih. Peringatan ini diharapkan dapat menggugah ingatan bangsa Indonesia ke dalam sejarah pasang surutnya kebesaran bahari bangsa Indonesia. Pada zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit bangsa Indonesia pernah memiliki kekuatan armada laut yang tangguh dan disegani, yang menguasai jalur-jalur pelayaran penting dunia, serta telah mampu menjalin hubungan baik dengan bangsa-bangsa lain di belahan dunia.

Panglima TNI menegaskan bahwasannya sebagai generasi penerus kita selayaknya bangga dan bersyukur, bahwa nenek moyang kita, para pendahulu kita dengan tulus ikhlas telah bekerja keras dari generasi ke generasi dengan mewariskan nilai-nilai sebagai bangsa bahari dengan citra yang baik di dunia internasional.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

Be the first to comment

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO