12/5/12

Fecebook Oh Facebook

Kali ini saya akan membuat artikel dengan judul Fecebook Oh Facebook. Mungkin sepintas kelihatannya aneh, apa gak ada judul lain? Sengaja saya mencoba menulis dengan judul Fecebook Oh Facebook karena saya rasa penggunaan fasilitas jaringan sosial dunia ini sudah tidak lagi sesuai dengan fungsinya, khususnya yang saya lihat di sekitar kita saja.

Fungsi azasi facebook sebenarnya adalah untuk menjalin persahabatan, mencari teman baru atau mencari kawan yang sudah lama tidak berjumpa. Kita dapat mencurahkan isi hati kita melalui Facebook baik sedang dalam keadaan sedih maupun senang dan dari Facebook tidak menutup kemungkinan kita dapat menemukan jodoh. Bisa juga untuk keperluan bisnis dan promosi secara online. Kita dapat mengiklankan produk yang akan kita jual melalui facebook, atau sekedar menawarkan produk yang akan dijual kepada rekan-rekan kita.

Dewasa ini facebook sering digunakan untuk mencurahkan isi hati yang sedang marah-marah, dengan melontarkan kata-kata yang tidak pantas diucapkan. Wah pokoknya ngeri deh kalau sudah mendapati status seperti ini, Facebook oh Facebook. Haruskah kita menyelahkan Facebook atau penggunanya?
Saya ingin mengajak anda khususnya para pengguna facebook untuk melihat kembali ketentuan-ketentuan yang telah dicantumkan di dalam Facebook Agreement. http://www.facebook.com/legal/terms di dalamnya telah dijelaskan tentang aturan main dan tata cara menggunakan jejaring sosial Facebook. Sayangnya walaupun Indonesia termasuk ke dalam 5 besar pengguna Facebook dunia setelah Amerika, Brazil dan India, akan tetapi di dalam Facebook Agreement (Revisi terakhir: 8 Juni 2012) tidak menyediakan pilihan bahasa Indonesia. Mungkin hal ini yang menyebabkan kurang dipahaminya isi dari Facebook Agreement oleh masyarakat kita sehingga banyak pengguna facebook tidak mencantumkan informasi yang sesungguhnya ke dalam akun facebook mereka.

Akan tetapi, menurut saya sekarang sudah jamannya serba canggih, walau Facebook tidak mendukung bahasa Indonesia dalam Facebook Agreement paling tidak kita sudah bisa mengerti apa yang dimaksud di dalamnya atau untuk lebih gampangnya terjemahkan saja melalui translator contoh Google translate di http://translate.google.com

Hal yang paling mendasar pada bagian "Registration and Account Security" atau pada bagian "Pendaftaran dan Keamanan Akun" yang kurang lebih isinya seperti ini; Pengguna Facebook akan memberikan nama dan informasi asli, dan kami membutuhkan bantuan Anda untuk tetap seperti itu. Berikut adalah beberapa komitmen yang Anda buat untuk kami terkait dengan pendaftaran dan guna menjaga keamanan akun Anda.
  1. Anda tidak akan memberikan informasi pribadi palsu di Facebook, atau membuat account untuk orang lain selain diri sendiri tanpa izin.
  2. Anda tidak akan membuat lebih dari satu akun pribadi.
  3. Jika kami menonaktifkan akun Anda, Anda tidak akan membuat satu sama lain tanpa izin kami.
  4. Anda tidak akan menggunakan waktu pribadi Anda untuk keuntungan komersial Anda sendiri (seperti menjual pembaruan status ke pengiklan).
  5. Anda tidak akan menggunakan Facebook jika Anda berusia di bawah 13.
dan seterusnya, yang jelas di kita banyak pengguna Facebook tidak menampilkan nama asli mereka, bahkan remaja di bawah usia 13 tahun (di bawah kelas 8) sudah memiliki akun facebook yang sebenarnya menurut aturan tidak diperbolehkan untuk memiliki akun facebook. Hal ini sudah melanggar dan menyalahi aturan yang telah disebutkan, jangan heran kalau telah terjadi banyak kasus yang awal mulanya dari penggunaan jejaring sosial facebook yang tidak sebagai mana mestinya. Yang lebih parah lagi di kita seolah terjadi pembiaran dari pihak orang tua terhadap anak-anak mereka. Atau mungkin dari segi ketidak tahuan pihak orang tua, sudah sewajibnya sebagai orang tua mengawasi anak-anak kita.

Facebook tidak hanya memberikan manfaat yang sangat besar bagi para penggunanya, namun juga Facebook dapat memberikan berpengaruh buruk yang sama besar dengan pengaruh baiknya. Oleh karena itu Bacalah dulu aturan mainnya sebelum melakukan pendaftaran di Facebook. Saran saya kalau sudah memiliki akun facebook gunakanlah sebagai mana mestinya, satu lagi jangan update status yang menginformasikan saat ini anda sedang berada di mana. Ada satu cerita dan ini baru katanya sih, temannya itu update status "lagi jalan-jalan di Mall sama keluarga" ... eh pulang dari Mall rumahnya kemalingan. Karena pencurinya tahu, orang rumah sedang berada di luar sehingga dengan leluasa bisa beraksi, yang lebih parah lagi malingnya juga punya akun facebook.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

2 Comments:

khay said...

yang menjadi masalah adalah, apabila diantara anak kita, anggaplah sudah kelas 6 tidak memiliki akun FB, maka akan di cemooh temannya... "hare gene gk pnya pebuk, apa kata dunia?"

nah, kalau sudah begini, sudah barang tentu sang anak harus ikut membuat akun meski setengah terpaksa... (eh, gk nyambung ya Ris) Maklum sob, malam minggu kelabu, hujan terus niy di Depok :))

salam hangat sob..

Haris Budiman said...

@Khay salam hangat juga frend ... bener tuh khay ape kt ente

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO