Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

6/25/13

Indahnya Uang Koin Perak 5000 dan 2000 Rupiah

Mungkin kalau belum lihat secara langsung, saya tidak begitu tertarik. Tetapi setelah melihat dan merasakan sendiri ternyata begitu indahnya Uang Koin Perak 5000 dan 2000 Rupiah seri Cagar Alam buatan Peruri tahun 1974 ini. Saya mendapatkan kedua koin perak ini dengan membelinya di sebuah website lelang dan jual beli barang-barang terutama filateli di Indonesia. Awalnya saya pun tidak mengetahui bahwa ternyata Indonesia dahulu pernah berjaya dan berstandar internasional.

Mengapa saya katakan demikian? Karena di era atau Jaman RI Kesatuan pada tahun 1974, pemerintah Indonesia khususnya Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) mampu mencetak atau mengeluarkan Uang Logam Khusus Bank Indonesia Seri Cagar Alam tahun 1974 berbahan emas dan perak dan bahkan tidak hanya itu saja. Terdapat seri lainnya yang pernah dicetak di tahun 1970-an seperti Seri 25 Tahun Kemerdekaan RI, Seri Save The Children Fund Tahun 1990-an, Seri For The Children Of The World Tahun 2000, Seri Presiden RI 1995 berbahan logam emas, Seri Demokrasi 1995 berbahan emas dan seri-seri lainnya.

Sebelum saya mendapatkan Uang Koin Perak 2000 dan 5000 Rupiah tersebut saya berencana untuk menjualnya kembali, tetapi setelah memilikinya saya tak ingin melepaskannya. Saya berniat untuk mengkoleksi benda sejarah tersebut, ya sejarah uang negara tercinta ini, Rupiah Indonesia. Hargailah nilai sejarah bangsa, junjung tinggi nilai sejarah bangsa ini, karena kalau bukan kita bangsa sendiri, siapa lagi yang dapat melakukannya?

Konon katanya uang emas dan perak seri khusus tersebut tidak pernah beredar di masyarakat luas tetapi uang koin berbahan emas dan perak tersebut hanya beredar di lingkungan tertentu saja dan tidak banyak yang tahu termasuk saya sendiri. Setelah berpuluh-puluh tahun lamanya, Saya baru kali ini bisa melihat dan merasakan bagaimana senangnya memiliki salah satu bukti otentik sejarah mata uang Rupiah Indonesia.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

Be the first to comment

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO