6/29/13

Token Philips PTI

Pada mulanya saya melihat Token Philips PTI - Philips Telecommunications Industry ini di sebuah website lelang koin kuno Indonesia Kintamoney.com dengan harga jual yang lumayan murah. Setelah saya pikir, saya baru kali ini melihat Token Philips PTI, kelihatannya hanya ada satu-satunya di website lelang tempat para numismatis Indonesia menawarkan koleksi-koleksinya itu. Lalu saya berniat untuk membelinya, karena harganya lumayan murah maka saya langsung saja saya pilih tombol Buy Now. Selanjutnya saya dikirimi invoice atau tagihan di inbox pesan akun saya oleh penjual Token Philips PTI tersebut, yang berisikan petunjuk pembayaran. Setelah proses pembayaran selesai, maka saya tinggal nunggu datangnya kiriman ke alamat saya yang dikirim melalui jasa pos terdaftar, seperti JNE, Tike, Pos Kilat khusus dan lain-lain.

Setelah pesanan saya tersebut sampai ke alamat rumah, saya hanya melihat sepintas saja dan lalu Token Philips PTI - Telecommunications Industry yang berdiameter hanya sekitar: 22.5 mm dan memiliki berat tidak lebih berat dari berat Koin Perak 1 Gulden Netherlandsch Indies 1939 itu langsung saya letakan ke tempat yang biasa saya menyimpan berbagai macan koin kuno milik saya. Kedua sisi token tersebut sama, setelah itu saya bertanya-tanya dalam benak saya. Untuk apa koin atau token Philips PTI itu dibuat? 

Mulanya ada yang mengira token tersebut merupakan Telephone tokens, bahkan The Dutch Online Telephone Museum memperkirakan seperti itu tetapi akhirnya memberikan penjelasan seperti ini "not really a telephone token but used for the coffee machine". Untuk mencari keterangan mengenai Token Philips PTI ini saya coba tanya kepada Mbah Google alias browsing-browsing di Google saja. Dan ternyata Philips PTI merupakan Token mesin kopi yang digunakan di perusahaan Philips Telecommunicatie Industrie (PTI) yang merupakan sebuah anak perusahaan Philips dan berkantor pusat di Hilversum. Philips yang (selanjutnya PTI) berperan penting dalam membawa instrumen radio dan TV ke Belanda. Philips PTI memiliki beberapa menara tiang penyiaran besar di sekitar area mereka. Hal ini memberikan manfaat baik dalam perang dunia kedua, sebagaimana dibuktikan oleh sebuah plakat peringatan untuk beberapa anggota staf, yang ditangkap dan dibunuh. (Telah diterjemahkan) Referensi katalog: Kooij KB354A. [per. PK.]

Philips P.T.I. Token - Philips Telecommunications Industry
Token Description:
Philips P.T.I
Philips P.T.I. - Philips Telecommunications Industry.
Gambar: Philips P.T.I. (Ciri Khas Perusahaan Philips).
Negara Asal: Netherlandsch
Kedua Sisi Sama.
Diameter: 22.5 mm.
Berat (Sekitar): 10 gram.
Komposisi: Copper Nickel

Sumber: https://sites.google.com/site/malsweights/vending
http://www.worldofcoins.eu/forum/index.php?topic=14066.0


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

Be the first to comment

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO