2/24/14

Vintage Ronson Whirlwind Lighter

Pada tahun 1950-an Ronson Whirlwind Lighter bukan termasuk barang antik atau Vintage atau jadul, karena Ronson Whirlwind Lighter buatan tahun 1950 sekarang ini masih eksis maka disebut dengan Vintage Ronson Whirlwind Lighter. Kenapa disebut Whirlwind? Kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia Whirlwind sama dengan angin ribut atau lesus yang artinya sebuah angin ribut sekalipun tidak mampu untuk mematikan nyala api dari sebuah korek jadul Ronson Whirlwind Lighter (sebuah perumpamaan) dikarenakan pada sebuh korek Ronson jenis Whirlwind terdapat Wind guard yang secara fleksibel bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan.

Pada mulanya Ronson mengeluarkan korek atau biasa disebut Lighter, dengan tujuan utamanya yaitu berfungsi sebagai korek untuk menyalakan api apabila diperlukan, seperti menyulut rokok pada khususnya atau untuk menyalakan api pada saat dibutuhkan. Dahulu di Amerika Serikat ada semacam tradisi atau kebiasaan dimana korek biasanya dijadikan sebagai hadiah (souvenir) atau suatu simbol untuk mengungkapkan perasaan seseorang terhadap orang yang dikasihinya, kepada teman atau sahabat.

Pada sebuah Whirlwind Lighter yang pernah digunakan  biasanya terdapat tulisan grafir inisial atau bahkan nama seseorang. Bisa jadi orang yang memberikan korek Ronson atau Ronson lighter tersebut yang telah memesankan tulisan grafir nama atau inisial seseorang pada korek tersebut. Terkadang ada pula korek Ronson yang kondisinya sama sekali tidak pernah digunakan mulai dari baru atau istilahnya UNUSED atau bisa jadi barang baru dan tidak pernah digunakan tetapi merupakan stok lama - New Old Stock (NOS), dari jenis inilah biasanya harga New Old Stock Ronson Lighter akan semakin mahal harganya. Selain sudah berusia tua namun dalam kondisi yang masih baru dan tidak pernah digunakan.


Uniknya korek Ronson dari model semacam ini (tidak hanya Ronson saja, merk ZIPPO, IMCO, HILTON, EVANS dan lain sebagainya) ketahanannya bisa diandalkan walaupun telah berusia di atas 60 tahun lebih salah satunya Original Zippo Lighter tahun 1954 dan Ronson Whirlwind Lighter buatan tahun 1950 yang sudah beberapa hari ini saya dapatkan di salah satu Internet Market terbesar dunia eBay, namun belum sampai ke tangan saya dan masih dalam proses pengiriman dari negara asal pembuat yaitu United States of America. Biasanya pengiriman memakan waktu estimate sekitar satu bulanan sampai ke Indonesia.

Saya mulai tertarik untuk mengkoleksi dan sekaligus berniat untuk menjualnya kembali di Indonesia apabila ada pembaca yang berminat dengan korek jadul, Vintage Lighter baik yang bermerk Ronson Lighter, Zippo Lighter, Kreisler Lighter, IMCO dan lain-lain saya persilahkan dan saya terbuka untuk memberikan informasi lebih lanjut. Atau saya persilahkan anda untuk mengunjungi blog Numismatika Indonesia untuk melihat lebih detail mengenai item apa saja yang saya tawarkan dan jangan lupa komentarnya selalu saya tunggu.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

3 Comments:

mebel rotan said...

terima kasih banyak untuk infona

toko tempat tidur said...

korek apinya keren.

Rotan Sintetis Furniture said...

Furniture Rotan

Furniture Rotan Sintetis

Sofa Rotan

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO