6/30/14

Transaksi Online Aman di Bukalapak

Jaman sekarang serba mudah dengan adanya media internet anda bisa dengan mudah mencari barang yang anda inginkan untuk dibeli di internet. Tetapi jangan salah, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan ini untuk dijadikan sebagai lahan untuk melancarkan aksinya dengan cara menipu para calon pembeli. Untuk menghidari aksi penipuan online tersebut, Bukalapak.com sebagai situs jual beli online yang mudah dan terpercaya memberikan solusi yang tepat dan aman untuk melakukan transaksi online tanpa harus ketemuan. Barang yang anda beli dijamin 100% apabila tidak dikirim garansi uang kembali.

Adapun untuk mempelajari dan mengetahui bagaimana metode transaksi online yang aman yang telah diberikan oleh Bukalapak.com akan saya coba jelaskan berikut ini.

Cara Pembelian

Ada 2 langkah awal untuk melakukan pembelian. Pembeli dapat belanja di Bukalapak :
  1. Tanpa registrasi atau,
  2. Menggunakan akun yang sudah pernah terdaftar di Bukalapak (Melakukan registrasi)
Untuk memesan barang, pembeli cukup klik tombol “Beli” pada lapak penjual lalu melengkapi data pesanan di halaman isi data pengiriman dan mengikuti langkah yang tertera.

Cara Pembayaran
Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui beberapa metode:
  1. Buka Dompet. Buka Dompet adalah sebuah dompet virtual yang dimiliki setiap pengguna Bukalapak guna menyimpan dana hasil penjualan (remit) dan dana hasil pengembalian (refund) transaksi.
  2. Mandiri Clickpay. Mandiri Clickpay adalah fitur dari Bank Mandiri Debit guna melakukan pembayaran dengan memasukkan 16 digit nomor kartu Mandiri Debit dan menggunakan Token PIN Mandiri sebagai validasi transaksi.
  3. BCA KlikPay. BCA KlikPay adalah layanan dari Bank Central Asia (BCA) guna melakukan pembayaran secara praktis dan terpercaya. Pengguna harus memiliki fasilitas KlikBCA Individu atau BCA Card untuk dapat melakukan pembayaran lewat BCA KlikPay.
  4. Transfer. Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank ke rekening atas nama PT. Bukalapak.com yang tersedia di bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.
Pengiriman Barang

Setelah anda melakukan pembayaran ke salah satu rekening Bank Bukalapak.com untuk barang yang anda beli, maka pihak Bukalapak akan mengkonfirmasikan pembelian tersebut kepada Pihak Penjual bahwa barang telah dibayar, dan meminta Pihak penjual untuk segera mengirimkan barang tersebut kepada pihak pembeli sesuai pesanan. 

Sebagai salah satu contoh, Pak Thomas membeli barang sebuah korek Zippo pada Lapak saya dan telah melakukan pembayaran kepada Pihak Bukalapak.com, maka saya mendapatkan konfirmasi dari pihak Bukalapak untuk segera mengirimkan pesanan tersebut kepada Bapak Thomas. Setelah saya mengirimkan pesanan Bapak Thomas sesuai alamat kirim Via JNE, lalu saya mengkonfirmasi transaksi tersebut dengan cara memasukan no resi pengiriman barang dalam data transaksi pada akun Bukalapak saya. Setelah itu saya tinggal menunggu konfirmasi dari Bapak Thomas atas penerimaan barang pesanannya. Setelah Bapak Thomas menerima pesanannya, Pak Thomas mempunyai kewajiban untuk mengkonfirmasi kepada pihak Bukalapak bahwa barang telah diterima. Maka transaksi akan dianggap selesai dan saya berhak menerima pembayaran atas transaksi tersebut dari Pihak Bukalapak.
Data Transaksi
Transaksi Selesai
Email dari Bukalapak.com
Email dari Bukalapak.com

Dari salah satu contoh transaksi tersebut di atas, terlihat transaksi dilakukan dengan aman dan lancar karena pihak pembeli tidak melakukan pembayaran langsung kepada pihak penjual. Bukalapak selaku penengah dalam transaksi merupakan mediator transaksi online yang aman. Apabila terjadi pihak penjual tidak mengirimkan barang sesuai pesanan pembeli, maka dalam waktu 3 hari transaksi dianggap batal dan pembeli berhak mendapatkan uang nya kembali 100%.

Untuk lebih jelasnya anda bisa bukan media tanya jawab Bukalapak.com di https://www.bukalapak.com/faqs.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

2 Comments:

fatih daffa said...

Di bukalapak ga ada sisitem pembayaran cash on delivery ya ?

risma2006 said...

bisa saja dan masih mungkin utk COD kalau satu daerah dengan penjual nya bro

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO