10/4/09

Ayo Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Ayo Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang - Saya sebetulnya asli orang Jawa Barat, tempat kelahiran saya di Bandung 35 tahun silam. Sebagai orang yang dilahirkan di daerah Jawa Barat tentunya saya sangat mencintai dan mewarisi budaya dan adat dari Jawa Barat. Paling tidak mengenali dan telah terbiasa dengan budaya dan adat istiadat daerah Urang Sunda yaitu Jawa Barat, Indonesia.

Begitu juga dengan objek wisata yang ada di provinsi Jawa Barat, sudah barang tentu saya kenali dan pernah saya kunjungi. Objek wisata favorit saya di sana yaitu Situ Patenggang di Ciwidey yaitu sebuah Danau yang memiliki legenda klasik kerajaan masa lampau. Selain itu terdapat objek wisata yang tak kalah menariknya yaitu Gunung Tangkuban Parahu, gunung yang terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung yaitu di Lembang, Kabupaten Bandung. Lingkungan alamnya terasa begitu sejuk serta terdapat sumber mata air panas di kaki gunungnya. Deretan kawah yang memanjang, menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu saya ingin memperkenalkan Objek Wisata yang ada di Provinsi Banten yang sekarang sudah tidak lagi termasuk pada provinsi Jawa Barat, salah satunya yang berada di Kabupaten Kota Pandeglang. Walaupun Pandeglang sudah tidak lagi termasuk dalam wilayah provinsi Jawa Barat dan berada di wilayah Pemda Banten, bukan berarti saya tidak mau mengenali dan mengunjungi objek wisata yang ada di sana. Maka dari itu saya ingin mengajak kepada siapa saja Ayo Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang. Walau sekarang saya jauh dari kota kelahiran saya, tetapi saya tidak asing dengan budaya dan adat istiadat di sana begitupun dengan adat istiadat, budaya dan kesenian serta objek wisata di Pandeglang. Apa saja sih objek wisata yang menarik di Pandeglang.

Objek Wisata di Pandeglang

Taman Nasional Ujung Kulon - Ujung Kulon merupakan salah satu taman nasional dan lokasi konservasi alam di Indonesia. Di lokasi ini kita dapat melihat keindahan hutan tropis. Badak bercula satu merupakan primadona daya tarik dari Taman Nasional Ujung Kulon. Lokasi ini terdiri atas beberapa pulau kecil, beberapa di antaranya adalah Pulau Peucang, Pulau Handeuleum, dan Pulau Panaitan. Titik tertinggi adalah Gunung Honje. Ciri khas taman nasional ini adalah perannya sebagai habitat alami berbagai jenis hewan yang dilindungi, seperti badak jawa, rusa, kijang, banteng, berbagai primata, babi hutan, kucing hutan, lemur, dan berbagai jenis burung.

Kawasan ini dapat dicapai melalui Desa Panimbangan atau melalui jalan laut dengan perahu menuju salah satu pulau yang ada. Ujung Kulon telah dilengkapi dengan berbagai sarana jaringan telekomunikasi, listrik, dan air bersih. Sarana pariwisata seperti penginapan, pusat informasi, pemandu wisata, dan sarana transportasi juga telah tersedia. UNESCO telah menyatakan bahwa area Ujung Kulon merupakan situs cagar alam dunia.

Pulau Dua - Pulau Burung. Daya tarik utama kawasan ini adalah keindahan alam laut berupa gugus karang, berbagai jenis ikan laut, dan tentu saja berbagai jenis burung. Luas kawasan ini sekitar 30 ha. Setiap tahun antara bulan April dan Agustus, pulau ini dikunjungi oleh beribu-ribu burung dari 60 jenis yang berasal dari berbagai negara. Sekitar empat puluh ribu burung-burung tersebut terbang dari benua Australia, Asia, dan Afrika. Pulau Dua bisa dicapai dengan perahu tradisional atau perahu motor dalam waktu 15 s.d. 30 menit melalui daerah Sawah Luhur, Kasemen. Di kawasan ini, telah tersedia sarana jaringan listrik, telekomunikasi, dan air bersih.

Pulau Umang - Pulau Umang memiliki luas sekitar 5 Ha, dan terletak di kawasan objek wisata pantai Pandeglang, berdekatan dengan kawasan wisata Tanjung Lesung. Kawasan wisata ini dikelola oleh sebuah perusahaan swasta yang menyediakan berbagai fasilitas rekreasi dan hiburan yang menarik. Di pulau ini, terdapat resort yang ditata dengan sentuhan artistik alami, dilengkapi dengan ruang pertemuan, kafe, spa, pusat bisnis, sunset lounge, klub pantai, kolam renang dan sebagainya. Selain itu, tersedia fasilitas olahraga dan rekreasi air, jogging track, cross country, lapangan tenis, tempat karaoke, dan lain-lain. Kita dapat menuju ke pulau ini dengan relatif mudah. Perusahaan pengelola kawasan ini menyediakan rental mobil dari Jakarta menuju pulau ini, atau dapat juga dicapai dari kawasan Ujung Kulon.

Gunung Karakatau - Gunung Krakatau yang terletak di perairan selat Sunda merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di dunia, karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1883. Suara letusan terdengar sampai ke kawasan benua Australia, bahkan awan panasnya menyelimuti beberapa kawasan Eropa selama seminggu. Ledakan dahsyat gunung Krakatau kemudian membentuk anak gunung yang kini dikenal sebagai Anak Krakatau yang muncul ke permukaan pada tahun 1928 yang hingga kini masih tetap aktif. Berada di selat Sunda, kawasan wisata alam ini mudah dicapai dari pantai Anyer-Carita sekitar satu jam dengan menggunakan perahu motor. Lokasi wisata ini menawarkan wisata alam seperti misalnya berkemah, berjalan kaki, memancing, dan pemandangan alam laut yang indah.

Rawadano -  Rawadano atau nama lain Cagar alam Rawa Danau terletak di kabupaten Serang, dan berjarak 101 km dari Jakarta. Kawasan ini merupakan kawasan yang didominasi rawa-rawa, juga terdapat sebuah danau. Luas kawasan ini sekitar 2.500 ha yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon. Pulau ini menjadi tempat bersarang bagi aneka jenis binatang reptil, seperti ular dan buaya. Tidak kurang dari 250 jenis burung bermukim di kawasan ini. Kita dapat mencapai lokasi ini melalui tiga jalur, yaitu ; Jakarta - Cilegon - Anyer - Rawaadano.  Jakarta - Serang - Padarincang - Rawadano. Jakarta - Serang - Anyer - Cinangka - Padarincang - Rawadano.

Atau jika anda tertarik untuk lebih mengenali objek wisata di Pandeglang silahkan kunjungi CintaPandeglang.com Ayo Kita Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang.

Sebagian Sumber dari http://id.wikipedia.org.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

1 Comment:

Frisna said...

Dengan segala pesona alam yang dimilikinya sudah sepantasnya Pandeglang menjadi daerah tujuan wisata alam.

Salam sukses moga bisa menjadi yang terbaik di kontes Kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang ini.

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO