11/19/09

Penyebab Peringkat Blog Labil di SERP

Dari 856,000 hasil telusur untuk mengembalikan jati diri bangsa blog "RISMA2006 INSIDE" menduduki peringkat 13, kata orang sih kalau dapat angka 13 berarti sial. Tapi kalau menurut saya angka 13 adalah angka keberuntungan. Kenapa demikian, karena setelah beberapa minggu mengikuti perkembangan hasil pencarian pada datacenter google peringkat blog "RISMA2006 INSIDE" mengalami penurunan dan kadang ada peningkatan.

Apa yang menyebabkan Peringkat Blog Labil di SERP Google? Sebagai contoh saja dan seperti kita ketahui kurang lebih 856,000 blog tercatat dengan kata kunci "mengembalikan jati diri bangsa". Ini berarti sebagian besar blogger khususnya yang mengikuti kontes seo tersebut dalam minggu terakhir sedang giat-giatnya mengoptimasi blog mereka dengan kata kunci tersebut. Jadi secara tidak langsung berdampak pada peringkat blog RISMA2006 INSIDE - Mengembalikan Jati Diri Bangsa. Maka dari itu peringkatnya terkadang bagus dan terkadang turun drastis dan bahkan hilang sama sekali.

Dari berbagai informasi sahabat blogger yang saya dapat, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi dan menyebabkan peringkat blog labil sehingga mempengaruhi hasil pencarian yang cenderung berubah di SERP Google antara lain:

  1. Prosentase antara Inbound Link dan Outbond Link tidak seimbang.
  2. Terlalu banyak Inbound link yang mengarah pada salah satu page atau halaman dalam blog, bukannya home page.
  3. Usia blog yang relatif masih muda tetapi telah memiliki peringkat blog tinggi sehingga mengakibatkan kecurigaan mesin crawl dan indexing Google.
  4. Hindari penggunaan duplicate meta tag description.
  5. Backlink sangat berpengaruh terhadap peringkat blog di Google.
  6. Update Blog dengan menulis banyak artikel yang bermutu.
  7. Melakukan perubahan pada konten yang telah terindeks, sehingga memerlukan beberapa waktu untuk Google mengindeksnya kembali.

Ucapan Terima Kasih Kepada Google

Kayaknya sih begitu, yang banyak mempengaruhi peringkat blog pada hasil pencarian terutama di pada serp Google adalah poin yang ke tujuh. Karena sering melakukan update dan perlu melakukan perubahan pada konten tertentu, sehingga perlu waktu untuk google merayapi dan mengindeks konten tersebut. Maka dari itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Google atas dukungannya terhadap kontes seo Mengembalikan Jati Diri Bangsa yang sedang saya ikuti ini, sehingga blog RISMA2006 INSIDE bisa kembali tampil di halaman pertama SERP Google.co.id.



Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

8 Comments:

Risma2006 said...

tuh kan hari ini udah ada di posisi 16, kemarin posisi 18. Naik turun deh, moga aja bisa di posisi 1. Wek ngarep banget sih ...

saungweb said...

Wah selamat deh semoga di akhir kontesnya bisa masuk ke 10 besar.. sy sih msh diatas 100. hehe

Risma2006 said...

Thanks atas Supportnya ya, Moga aja masuk di SERP. Thanks Saungweb

yayah said...

lagi pusing nih, kenapa google dancing yang parah bgt.. semua dicek ga ada yang salah.. tp aneh kayaknya google lagi ga bersahabat sama blog ane..

apa dosaku.... dari posisi 9 besar jatuh ke 90.. dalam ikutan seo dan terus turun...

kayaknya blog ini indexnya mirip seperti beberapa minggu setelah dibuat.. kenapa ya..

jawamebel said...

thanks gan....

mobil kia said...

yayah senasib deh sama ane. blog ane sekarang anjlok jlok, padahal sebelumnya selalu no 1 di google serp. udah 5 hari utak-atik belum ada perubahan

pulsa elektrik murah said...

benar sob,yg point 7 aku lakukan pada blog ku,besoknya blog ku turun drastis pada knta kunci tertentu

indo-furni said...

makasih gan infonya......

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO