11/15/09

Waspada Penyakit Kaki Gajah

Waspada Penyakit Kaki Gajah - Gambar kaki gajah di sebelah ini adalah gambar kaki gajah beneran, karena kalau untuk menampilkan gambar penderita penyakit kaki gajah saya ngeri melihatnya. Kenapa penyakit yang penularannya dilakukan oleh nyamuk ini dinakamakan penyakit Kaki Gajah, sebab penderita yang mengidap penyakit Filariasis ini biasanya pada kaki penderita mengalami pembengkakan akut sehingga terlihat besar seperti kaki gajah. Tidak hanya pada kaki, penderita mengalami pembengkakan akut pada tungkai, lengan, buah dada, dan bahkan buah zakar pada laki-laki. Penyakit ini bersifat menahun, bila tidak mendapatkan pengobatan yang intensif dapat menimbulkan cacat menetap.

Segera periksakan diri anda apabila merasakan gejala klinis Filariais antara lain:

  • Demam berulang-ulang selama 3 sampai 5 hari. Demam bisa segera hilang apabila istirahat dan akan muncul lagi setelah bekerja berat.
  • Terdapat pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) didaerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan terasa panas dan sakit.
  • Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung (retrograde lymphangitis)
  • Filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah.
  • Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema).
Perlu diketahui penyakit Filariasis atau penyakit Kaki Gajah ini ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk yang mengandung larva stadium III yaitu nyamuk yang sebelumnya telah menghisap darah seseorang yang mengidap penyakit Filariasis. Darah penderita mengandung cacing filarial kecil atau mikrofilaria. Siklus Penularan penyakit kaki gajah ini melalui dua tahap, pada tahap pertama yaitu perkembangan dalam tubuh nyamuk dan tahap kedua perkembangan dalam tubuh manusia.

Untuk mencegah lebih luas penularan penyakit Kaki Gajah dapat dilakukan dengan cara menghindarkan diri dari gigitan nyamuk penular penyakit Filariasis atau kaki gajah yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Seperti membersihkan tempat yang biasa menjadi sarang nyamuk, membersihkan got dan selokan dimana terjadi genangan air sebagai tempat berkembang biak dan sarang nyamuk. Karena jenis nyamuk yang dapat menularkan penyakit Filariasis hingga saat ini telah diketahui terdapat 23 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes & Armigeres yang dapat berperan sebagai vector penular penyakit kaki gajah.

Marilah kita jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Referensi : Filariasis



Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

1 Comment:

ayha said...

wah bisa membengkak yah nih kaki.. harus waspada sama nyamuk nih dan makan yang sehat biat tetap terjaga kestabilan tubuh..

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO