2/2/10

Apakah Diabetes Mellitus

Pilihanku jatuh ke brosur yang berjudul Apakah Diabetes Mellitus (DM). Kemarin pagi, saya mengantar anak untuk berobat di rumah sakit. Sudah biasa kalau musim penghujan anak-anak rawan terjangkit batuk pilek demam mencret dll. Anak saya baru umur 7,5 bulan jadi tak luput dari serangan beberapa virus berbahaya itu, sehingga harus diperiksa oleh dokter specialist anak. Ketika sedang bosan nunggu giliran dipanggil, ternyata ada beberapa brosur sosialiasi kesehatan di kotak pengumuman, tulisannya silahkan ambil, dan akhirnya pilihanku jatuh ke brosur yang berjudul Apakah Diabetes Mellitus? Terus terang saja pengetahuan aku tentang kesehatan kurang begitu baik. Dan aku rasa ada baiknya untuk mengetahui apa yang disebut diabetes mellitus itu.

Diabetes Mellitus atau sering juga disebut dengan istilah Kencing Manis merupakan penyakit dimana tubuh penderita tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Penderita kencing manis tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga terjadi kelebihan gula di dalam tubuh. Kelebihan gula di dalam tubuh dalam istilah kedokteran disebut dengan hiperglikemia lama kelamaan bisa menjadi racun bagi tubuh. Diabetes terbagi atas dua jenis yaitu Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM) dan Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM).

Seseorang dinyatakan menderita Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM) jika tubuhnya memerlukan pasokan insulin dari luar. Hal ini disebabkan karena sel-sel beta dari pulau-pulau Langerhans telah mengalami kerusakan, sehingga pankreas berhenti memproduksi insulin. Kerusakan beta tersebut dapat terjadi sejak penderita masih kecil ataupun setelah dewasa. Sedangkan untuk penderita Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM) terjadi jika insulin hasil produksi pankreas tidak cukup atau sel lemak dan otot tubuh menjadi kebal terhadap insulin, sehingga terjadi gangguan pengiriman gula ke dalam sel tubuh. Biasanya penderita diabetes jenis NIDDM adalah orang dewasa.

Penyebab Diabetes Mellitus

Penyebab utama penyakit Diabetes Mellitus belum diketahui, dan masih terdapat hal-hal yang belum jelas tentang sebab diabetes. Baik menyangkut penyebab kerusakan pankreas ataupun penyebab resistensi insulin. Namun perlu diwaspadai, mungkin saja salah satu faktor penyebab diabetes pada saat ini adalah adanya perubahan gaya hidup seperti pola makan yang tidak seimbang, kurang aktivitas, olah raga dan lain sebagainya. Faktor lain yang menyebabkan diabetes bisa karena stress, kelainan genetika, dan faktor usia.

Gejala Diabetes Mellitus

Gejala dan tanda tanda diabetes jenis IDDM muncul secara tiba-tiba pada saat usia dibawah 20 tahun, sebagai akibat dari kelainan genetika, sehingga tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan baik. Gejala pada diabetes jenis Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM) antara lain:
  • Berat badan menurun
  • Kelelahan
  • Penglihatan kabur
  • Sering buang air kecil
  • Terus menerus lapar dan haus
  • Meningkatnya kadar gula dalam darah dan air seni setelah pemeriksaan laboraturium
  • Gejala diabetes pada Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM) muncul secara perlahan sampai menjadi gangguan yang jelas, pada tahap permulaan gejalanya sama dengan diabetes jenis IDDM.
Cara Menghindari Diabetes Mellitus

Bagi yang beresiko tinggi terhadap Diabetes Mellitus yang terpenting adalah jangan kelebihan berat badan (Over Weight). Perlu diwaspadai bahwa salah satu gejala penyakit diabetes adalah merasa lapar dan haus secara terus menerus dan membuat penderita banyak makan (Polifagia), dan banyak minum (Polidipsia) serta banyak buang air kecil atau kencing (Poliuria) yang dikenal dengan istilah 3P.

Semoga bermanfaat. Sebagai catatan artikel ini bersumber dari Brosur PT. Askes Indonesia (Hidup Sehat dengan Diabetes Mellitus (DM). Admin hanya bermaksud untuk berbagi pengetahuan mengenai kesehatan terutama tentang Diabetes Mellitus yang telah dibaca dan didapatkan Admin Blog Astaga.com Lifestyle On The Net sewaktu mengantar anak berobat ke rumah sakit di Surabaya pada tanggal 2 Februari 2010.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

7 Comments:

hersu said...

oke terima kasih tips dan pengetahuannya. sengat berguna untuk menjaga kesehatan

omagus said...

info baus..!
makasih yah..!

Festival Museum Nusantara said...

Ya Robb, aku berlindung dari jenis penyakit Diabetes Mellitus ini...

thanks ris infonya..sangat berguna sekali..

Risma2006 said...

@hersu
Sama-sama bos

@omagus
Terima kasih, sama-sama.

@festival museum nusantara Khai
Thanks ya Khai, moga aja kita dijauhkan dari segala penyakit, Amin.

obat diabetes said...

infonya lengkap sekali...aku mau perbaiki pola hidup dari sekarang.jadi takut juga.

yanti said...

iya yg paling benar memang adalah menjaga pola konsumsi kita, apalagi zaman modern skg ini bnyk sekali makanan yg mengandung gula tinggi, juga makanan fast food yg kurang sehat. dan penting juga tentunya olahraga. mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi , sehingga membantu menjaga tubuh kita dari serangan luar

Yanti,
http://www.spicyhotline.com/
http://www.spicywebonline.com/

sony said...

terima kasih info mengenai penyakit diabetes mellitusnya..
cukup membantu bagi penderitanya..

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO