2/12/10

Merokok Dapat Menyebabkan Wajah Terbakar

Ini merupakan sebuah peringatan baru bagi perokok, karena dengan merokok ternyata dapat menyebabkan wajah si perokok terbakar. Ceritanya begini, kemarin sore waktu aku nongkrong di warung kopi, ada seorang pria yang waktu itu baru datang untuk memesan secangkir kopi. Kalau sudah ada kopi tak lengkap rasanya kalau tidak dinikmati bersama sebatang atau beberapa batang rokok. Begitu juga sebaliknya kalau merokok gak enak rasanya kalau tidak ngopi. Kalau hendak merokok tentu saja memerlukan api untuk membakar rokok, untuk memperoleh api terkadang perokok tidak begitu memperdulikan keamanan korek api yang digunakannya.

Kualitas korek api atau pemantik atau dalam istilah bahasa Inggrisnya Lighter terbilang bermacam-macam dan terdiri dari berbagai jenis. Ada yang bagus bahkan dengan harga ratusan ribu seperti pemantik asal Amerika yaitu Zippo Lighter dan ada juga yang hanya mengandalkan harga yang murah saja. Kurang begitu memperhatikan segi keamanan bagi pengguna, bahkan ada korek api dengan bahan bakar gas yang hanya karena jatuh ketika akan dimasukan saku atau tak sengaja menjatuhkannya bisa meledak dan tabung gasnya yang berbahan plastik itu bisa dengan mudah pecah dan ini membahayakan.

Ternyata merokok selain dapat menyebebkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin tetapi juga merokok dapat menyebabkan wajah terbakar. Pasalnya begini, waktua pria tersebut akan menyulut rokoknya tentu saja dengan korek api dan secara tidak sengaja korek gas yang biasa digunakan di warung kopi tersebut dipakai beramai-ramai dan entah kesialan apa yang menghampiri pria tersebut. Ketika menyalakan koreknya sambil mendekatkan rokok yang sebelumnya sudah ada di mulut pria tersebut, tiba-tiba korek gas tersebut meledak bersamaan dengan nyala api yang otomatis membakar hampir seluruh wajah pria tersebut.

Astaga! spontan saja, tidak hanya si pemilik warung kopi yang berteriak kaget karena melihat ledakan api dari korek gas yang meledak membakar wajah pria malang tersebut. Termasuk saya dan beberapa orang lainnya yang ada di warung kopi (warkop) itu ikut kaget. Karena luka bakar yang diderita cukup serius, lalu beberapa temannya langsung melarikannya ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan. Bukan nikmatnya secangkir kopi dan sebatang rokok yang diperoleh, malah sial wajahnya terbakar gara-gara gas korek api yang meledak.

Dari kejadian tersebut, saya mendapatkan sebuah hikmah yang mungkin bisa dijadikan pelajaran bagi saya pribadi khususnya dan juga bagi para perokok pada umumnya. Pelajaran yang dapat kita cermati antara lain:
  • Selalu periksa korek api (korek gas) yang anda gunakan, apakan aman untuk digunakan.
  • Periksa pengatur volume gas korek api, pada posisi kecil.
  • Nyalakan korek api terlebih dahulu, jauh dari wajah anda setelah itu baru nyalakan rokok anda.
  • Usahakanlah untuk tidak merokok.
Demikianlah hikmah tersebut, semoga bisa dijadikan pelajaran bagi kita bahwa dengan merokok selain dapat menyebebkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin tetapi juga merokok dapat menyebabkan wajah terbakar seperti yang dialami oleh pria malang tersebut.


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

Be the first to comment

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO