12/22/09

Festival Museum Nusantara

Festival Museum Nusantara, apaan tuh? Rangkaian acara yang akan diselenggarakan TMII dengan tajuk “Festival Museum Nusantara TMII 2010" mulai tanggal 1 Januari 2010. Acara ini rencananya akan melibatkan sekitar 17 Museum di kawasan Taman Mini Indonesia Indah dengan harapan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap Museum. Acara tersebut meliputi Exhibition, Seminar, TalkShow, Hiburan, lomba untuk anak-anak dan lain lain yang akan digelar setiap hari Sabtu dan Minggu "Weekend at Museum" di ke-17 museum tersebut secara bergantian.

Selain berfungsi sebagai sarana pendidikan dalam Festival Museum Nusantara TMII 2010 tersebut kali ini dirancang sedemikian rupa agar pengunjung dapat menikmati suasana weekend at museum (Weekend @ Museum) dengan aman dan nyaman. Festival Museum Nusantara dilengkapi berbagai sarana hiburan dengan fasilitas yang lengkap seperti tempat belanja berbagai kebutuhan dan makanan, bahkan disediakan pula fasilitas penginapan berkelas di sekitar Taman Mini Indonesia Indah bagi pengunjung dari luar kota Jakarta.


Ada sebuah cerita, ketika suatu hari disaat saya masih duduk di bangsu SMA pada semester akhir menjelang kelulusan kami melaksanakan study tour ke Jakarta. Saya masih ingat waktu itu tujuan study tour kami salah satunya adalah ke Museum Gajah di Jakarta, sekarang Museum Nasional Republik Indonesia. Tapi saat itu memang minat kami untuk berstudy tour ke museum tidak seberapa besar dibandingkan dengan tujuan terakhir kami yaitu ke Ancol. Tetapi, anehnya kenangan study tour yang paling saya ingat dan saya anggap berkesan malah waktu saya berada di museum Gajah.

Karena saya disana waktu itu, banyak mencatat berbagai pelajaran sejarah yang diberikan oleh pembimbing atau Tour Leader museum mengenai barang berharga dan benda-benda kuno bersejarah peninggalan nenek moyang kita dari belahan bumi Nusantara. Benda-benda bersejarah tersebut antara lain arca-arca kuno, prasasti, barang-barang kerajinan dari bahan keramik, perunggu, kain dan banyak lagi benda bersejarah yang tak ternilai harganya. Saya sangat suka sekali melihat bentuk dan berbagai jenis barang antik atau benda kuno dan waktu itu kebetulan saya suka pelajaran sejarah, tapi saya kurang begitu suka dengan museum. Dari namanya saja sudah aneh, Museum atau musium ya.

Makanya sebuah portal kemuseumyuk.com mengajak kita untuk beramai-ramai berwisata ke museum yang berada di areal Taman Mini Indonesia Indah. Tak tanggung-tanggung ada 17 museum, tapi tentunya museum sekarang suasananya sudah berbeda dengan museum yang dulu pernah saya kunjungi. Kesannya angker dan aneh, suasananya bikin merinding kalau kita berada dalam museum sendirian. "Itu dulu, sekarang tidak". kemuseumyuk.com ingin mengajak kita bersama untuk lebih mengenali bangsa dengan mengunjungi museum-museum di Taman Mini Indonesia Indah dalam rangka Festival Museum Nusantara. Mengenali karakter dan jati diri bangsa kita melalui benda-benda bersejarah peninggalan nenek moyang kita yang tak ternilai harganya.

Ajaklah keluarga, puta-putri anda beserta saudara anda semua beramai-ramai ke Festival Museum Nusantara Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 2010 untuk melihat benda-benda bersejarah warisan kebudayaan bangsa kita yang sarat akan nilai sejarah dan hampir terlupakan namun tersimpan aman di museum. Marilah kita menjunjung tinggi dan menghargai kebudayaan bangsa kita sendiri.

Kemuseumyuk.com mengajak kita, Ayo berwisata ke museum yuk!


Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

7 Comments:

QQ said...

Salam,
Kami selaku panitia mohon maaf atas kejadian down-nya server kami. Untuk itu kami mohon bagi peserta kontes SEO untuk melakukan pendaftaran ulang.

Info lengkap : http://kemuseumyuk.com/info-kontes-seo

justkhay said...

Sudah sepatutnya kita sebagai blogger turut ambil bagian dalam menyukseskan even Festival Museum Nusantara ini..

Risma2006 said...

Ntar aku dukung Khai aja deh

anno said...

ke TMII aja saya belum pernah bro

Risma2006 said...

@anno

Kayaknya gw udah pernah, cuman dulu wakt masih di SMP, udah agak lupa seperti apa, lagian kayaknya dulu museumnya gak terlalu banyak ya

Hera said...

aku pernah ke Taman Mini Indonesia Indah dengan keluarga ku..
sungguh tempat rekreasi yang sangat menarik, kita bisa belajar kebudayaan dari sana.

Dan apalagi ada Rangkaian acara yang diselenggarakan TMII dengan tajuk “Festival Museum Nusantara TMII 2010" yang diharapkan akan meningkatkan minat masyarakat terhadap museum.

Ponsel said...

waduh..dah lama banget ga ke situ..terakhir malah kondangan di TMII...heheheee

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO