12/22/09

Efek Google Real-time Pada SEO Contest

Pada tanggal 7 Desember 2009 Google mengumumkan dalam Official Google Blog bahwa Google telah meluncurkan fitur baru yaitu Google Real Time. Untuk pertama kalinya Google memperkenalkan fitur baru tersebut yang dapat memberikan hasil pencarian website secara dinamis dan real time. Tujuan dari Real Time sendiri adalah untuk memberikan informasi terbaru kepada user dari website referensi yang ditampilkan dalam hasil pencarian Google.

Website yang berisi artikel dan informasi terbaru yang relevan akan langsung terindeks dalam hasil pencarian sesaat setelah dipublikasi secara real time. Terus apakah efek Google Real Time terhadap SEO Contest? Penjelasan berikut merupakan sebuah analisa pribadi saya sendiri sebagai bahan perbandingan saja. Saya ambil contoh pada SEO Contest "Mengembalikan Jati Diri Bangsa" yang baru saja berakhir tanggal 21 Desember 2009 lalu, bagaimana Google Real-Time memberikan efek yang signifikan terhadap kontes seo tersebut.


Sebelum diluncurkan Google Real Time antara Oktober - November 2009, hasil pencarian website pada data center Google.co.id berjalan seperti biasanya. Blog atau website yang berada di halaman pertama didominasi oleh blognya Khai, Lutvi, 4dyxtm, Benny Bisnis Online pada urutan satu sampai dengan empat dan bahkan blog RISMA2006 INSIDE pernah berada di urutan lima. Tetapi pasca diluncurkannya "Google Real Time" pada awal bulan Desember 2009, hasil pencarian website pada SERPs dengan keyword "Mengembalikan Jati Diri Bangsa" mulai goyah. Efek Google Real Time sangat terlihat pada blog atau website yang berada di urutan 5 ke bawah. Posisinya mulai berubah-ubah, terkadang blog yang biasanya berada di halaman dua tahu-tahu muncul di halaman satu antara posisi 5 sampai posisi 10 dengan artikel terbarunya (terindeks secara real time).

Yang lebih meyakinkan lagi, pada saat detik-detik berakhirnya kontes SEO "Mengembalikan Jati Diri Bangsa" tgl 21 Desember 2009 pada jam 11.00 WIB. Ada sebuah "blog baru" muncul di SERPs pada posisi 5. Padahal artikel blog tersebut baru dipublikasikan pada tanggal 17 Desember 2009. Pertanyaannya adalah apakah "BACKLINK" masih berpengaruh banyak terhadap popularitas Blog atau Website? pada hasil pencarian Google. Saya kira ini perlu diragukan dan dibahas lebih lanjut oleh Webmaster pakar Search Engine Optimization (SEO).

Saya sudah pernah melakukan berbagai analisa terhadap website tersebut seperti melihat jumlah backlink, isi artikelnya pun sederhana saja. Tetapi mengapa bisa langsung terindeks di halaman pertama hasil pencarian pada data center Google.co.id pada peringkat lima dan mampu menyingkirkan blog kompetitor yang memiliki jumlah backlink lebih dari 1500 baclink.


Blog tersebut adalah :
  • http://www.prafangga.com/2009/12/mengembalikan-jati-diri-bangsa.html
  • Dipublikasi: Tgl 17 Desember 2009
  • Total Backlink: 25
  • PR: n/a
  • Posisi 5 pada SEO Contest: MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA

Bayangkan saja, kok bisa seperti itu ya. Jadi memang benar analisa saya bahwa Efek Google Real-time Pada SEO Contest sangat berpengaruh. Mungkin Google kurang begitu suka dengan SEO Contest kali ya, sehingga membuat fitur baru untuk mengerjai webmaster yang notabene pakar dalam bidang SEO. Wah ternyata Google memang Master of The Master. Think Twice!



Share/Save/Bookmark
Bookmark and Share

6 Comments:

NanLimo Bertuah said...

wah... jadi gm tuh? apakah kontes SEO akan sgera tamat riwayatnya???

vikhi said...

wah klo itu namanya lagi mujur alias untung mas...
coba ya.. kita yang beruntung kaya gitu tiap ada kontes... hehehehe...

sek, mas.... aq kok gak bisa komen pake nama ama url ya..???

vikhi

GoMe Computer said...

Kalau saya amati memang posisi 5 ke bawah masih rentan selalu berganti posisi berbeda posisi 1 - 4 selalu stabil paling2 rotasi sesekali. mungkin juga efek dari google real time jadi kesimpulan saya khusus untuk kontes seo posisi 5 ke bawah masih rentan, harus hati2 karena fitur baru google ini mencari blog yg memiliki informasi terbaru tetapi itu hanya sesaat kemudian akan terlempar jauh karena kalah backlink mungkin perhitungan blog prafangga tepat sekali di pandai memanfaatkan keadaan disaat blog2 lain optimasi besar2an dia meluncurkan artikel terbaru dan hasilnya maut sekali. kalau saya lihat artikel dibuat tanggal 17 itu artinya 4 hari sebelum final, saya rasa hal ini bisa dipetik sebagai pembelajaran bagi kita semua termasuk yg namanya master seo, kalau saya sih bukan master seo,tapi hanya pelaku seo saja. hehehe

keren artikelnya sob

Risma2006 said...

@NanLimo
Kontes SEO tetap berjalan tentunya ... tapi kayaknya juri nya yang harus dirubah (Google kayaknya perlu dipertanyakan lagi ... ha ha ha)

@Vikhi
Iya nih commentnya daku setting begitu, ntar deh aku rubah biar Vikhi bisa masukan name dan url nya

@GoMe
Thaks ya

Dhany said...

Backlink tentu masih sangat berpengaruh. Itulah inti algoritma Google dan banyak mesin pencari lain.
Masalahnya kebanyakan pelaku SEO menyangka dan berharap efek backlink ini seketika (Google realtime tidak ada hubungannya dengan ini).
Kemudian jumlah/kuantitas backlink juga tidak terkait dengan posisi SEO, karena tidak semua backlink berkualitas sama.

Dhany said...

Loh, komentarnya ilang. Kena moderasi yah?

Post a Comment

Please leave your comment. SPAM COMMENT WILL BE REJECTED!

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger. Supporting Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

TOPO